Senin, 11 Agustus 2014

Sosok Penjual Benih Lele Sangkuriang Di Pati

Telah Lahir seorang pemuda yang sangat kreatif, namanya Syaiful Anas yang biasa di panggil dengan Mas Aik. Upaya Kreatifitasnya di picu karena ada kesadaran bahwa dirinya mempunyai kemampuan dalam hal pertanian maupun beternak. Kebiasaan semasa kecil telah banyak di akui oleh semua kalangan, tetangga dan para saudara, bahwa mas Aik ini adalah anak yang sangat rajin dan tekun dalam memelihara tanaman dan hewan, hal ini di buktikan dengan hasil Tanaman dan hewan yang telah di pelihara, selalu mendapatkan hasil yang maksimal. Misalnya dalam menanam pohon pisang, setiap beliau menanam pasti pohon itu akan tumbuh subur dan berbuah sangat maksimal/landong (bhs.Jawa). Demikian juga dengan perawatan terhadap hewan peliharaan, misalnya peliharaan ayam, bisa di pastikan akan mendapatkan hasil yang bagus, hewan yang sehat dan tumbuh dengan baik.

Dari sini bisa di simpulkan, dengan melihat hasil yang telah di peroleh bahwa ketekunan dan kerajinan dalam beliau merawat sesuatu tidak bisa kita sanggah lagi. Ketekunan dan kerajinan inilah, merupakan hal yang sangat mendasar dalam suksesnya seseorang untuk meraih sukses dalam hal apapun. 

Untuk saat ini mas Aik telah melakukan terobosan yang sangat brilliant, yaitu pengembangan pembenihan bibit lele dengan menggunakan metode alami atau natural. Semua berawal dengan ujicoba dan meriset terhadap air mineral yang telah ada di wilayah ds. margotuhu Kidul , beliau berkesimpulan dengan ilmu feeling dan di tunjang dengan pengakuan dari pakar lingkungan hidup bahwa bisa di pastikan air yang muncul dan di gunakan warga Margotuhu kidul ini mempunyai kualitas air yang sangat tinggi, sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Memang hal ini banyak yang tidak sadari warga, bahwa ini merupakan keberkahan yang sangat luar biasa yang di dapat dari Tuhan, Allah SWT. Maksud dari tidak disadari ini adalah dalam konteks pengembangan bisnis dalam bidang perikanan air tawar.

Kemudian beliau teringat, ada hewan/ikan air tawar yang sangat tangguh yaitu Ikan Lele (CatFish). Karena melihat potensi air tawar yang sangat baik, beliau mencoba tidak untuk membudidaya ikan lele ini sebagai ikan konsumsi , tetapi hal mendasar dari budidaya ikan lele yaitu pendederan ikan lele (pemijahan lele) atau pembenihan/pembibitan ikan lele. Dan ternyata , yang di lakukannya mempunyai hasil yang sangat bagus. Artinya bahwa air tawar yang muncul melalui air tanah yang melintasi ds. Margotuhu Kidul ini merupakan endemik yang cocok untuk pembudidayaan pembenihan ikan lele. Dan hal ini tidak di miliki oleh semua wilayah di semua desa sekitarnya. Sampai ada yang bilang, dalam perspektif metafisik bahwa air yang ada di Margotuhu Kidul ini merupakan karomah dari leluhur ds. Yaitu Waliyullah Syeh Ahmad Mizan

Terlepas dari karomah beliau, yang terpenting adalah bahwa warga Margotuhu Kidul mempunyai sumber kehidupan yang sangat luar biasa, dan hal ini wajib dan harus di syukuri sebagai rahmat dari Allah SWT. 
Mungkin wujud rasa syukur itu salah satunya dengan di tunjukkan dengan menggunakan air ini sebagai sumber potensi yang bisa meningkatkan hajat hidup orang banyak dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi warga sekitar (maslahat). Dan pemijahan/pembibitan Ikal Lele ini merupakan bagian yang sudah di lakukan oleh warga, salah satunya Mas Aik ini. 

Bagi Petani pembudidaya ikan lele khususnya di wilayah Pati dan sekitarnya dan Indonesia secara umum, bila ingin mendapatkan dan berminat untuk membudidayan ikan lele, anda bisa mendapatkan Bibit lele Yang Berkualitas dengan bisa mengunjungi ke Tempat tinggalnya Mas Aik, alamat tepatnya Ds. Margotuhu Kidul, margoyoso , PATI, Jawa Tengah. dengan nomor telepon yang bisa di hubungi HP. 0812 8715 7706 .
Silahkan mampir dan berbagi ilmu dengan beliau, semoga mendapat hal positif ....... Salam. #SeorangPetani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar